Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Kamera Ponsel Android Sebagai Webcam

Cara Menggunakan Kamera Ponsel Android Sebagai Webcam - Kita semua berada dalam situasi di mana kita ingin melakukan obrolan video dengan orang yang kita cintai tetapi webcam pada laptop kita tidak cukup baik. Kami tahu orang selalu dapat mengambil smartphone tetapi bagaimana jika Anda ingin melakukan panggilan video di laptop tanpa mengurangi kualitas webcam? Ada cara di mana Anda dapat menggunakan kamera ponsel cerdas Anda sebagai webcam di laptop Anda. Anda juga bisa membaca artikel lainnya tentang Cara Aktifkan Mode Gelap di Messages Android.

Cara Menggunakan Kamera Ponsel Android Sebagai Webcam

Dalam postingan kali ini admin akan membahas tentang Cara Menggunakan Kamera Ponsel Android Sebagai Webcam, untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel ini sampai akhir

Cara Menggunakan Kamera Ponsel Android Sebagai Webcam

Langkah 1: Unduh aplikasi bernama ‘DroidCam’ dari Google Play Store. Juga, unduh klien web DroidCam dari sini.

Langkah 2: Droidcam dapat mengakses kamera ponsel cerdas Anda dengan tiga cara - melalui USB, Wi-Fi, dan server Wi-Fi.

Set up melalui Wi-Fi
  • >> Pastikan ponsel cerdas dan laptop Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama.
  • >> Buka DroidCam pada ponsel cerdas Anda dan catat ‘Wifi IP’ dan Port DroidCam.
  • >> Buka klien DroidCam di komputer Anda. Klik pada tanda Wi-Fi (yang pertama dari ketiganya) dan masukkan Wifi IP dan DroidCam Port di sana.
  • >> Pilih Audio dan Video dan tekan Start.

Set up Melalui USB
  • >> Ada kemungkinan Wi-Fi Anda tidak cukup cepat untuk mengirim data melalui internet. Jika demikian, Anda dapat mengakses kamera ponsel cerdas Anda sebagai webcam melalui USB.
  • >> Pertama-tama unduh semua driver USB untuk perangkat Anda di laptop Anda
  • >> Koneksi USB akan dilakukan melalui ADB sehingga Anda harus mengaktifkan 'USB Debugging' pada ponsel cerdas Anda. Untuk itu, buka Pengaturan> Opsi Pengembang> Aktifkan Debugging USB.
  • >> Periksa apakah perangkat Anda terhubung melalui ADB dengan menjalankan perintah ‘perangkat adb’ di Command Prompt.
  • >> Setelah selesai, buka lagi klien web DroidCam, navigasikan ke tab USB dan tekan Start.
  • Untuk mengaktifkan Opsi Pengembang di perangkat Android Anda, buka Pengaturan> Tentang Telepon> Ketuk Nomor Pembuatan beberapa kali.

Anda mungkin menghadapi beberapa masalah dengan metode USB. Pastikan Anda sudah menginstal semua driver USB di laptop Anda dan ikuti instruksi dengan seksama. Untuk FAQ terperinci, kunjungi di sini.


Set up Melalui Server Wi-Fi

Opsi ini hanya tersedia pada DroidCamX yaitu versi aplikasi berbayar. Untuk mengakses kamera ponsel cerdas Anda melalui server Wi-Fi. Cukup buka tab Server Wi-Fi di PC dan tekan Start. Sekarang di aplikasi smartphone, buka menu tiga titik> Sambungkan ke server> Buat yang baru dengan memasukkan alamat IP lokal laptop Anda dan Mulai.

Untuk menemukan alamat IP lokal dari jaringan Anda, cukup buka Command Prompt> masukkan perintah ‘ipconfig’ dan cari Alamat IPv4.

Setelah selesai mengatur, Anda perlu mengubah sumber webcam secara manual pada klien yang ingin Anda lakukan panggilan video. Skype dan Google Hangouts memiliki opsi sederhana dalam pengaturan untuk mengutak-atik sumber video dan audio.

Post a Comment for "Cara Menggunakan Kamera Ponsel Android Sebagai Webcam"