Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mengatur, mengundang, dan mengirim uang ke teman-teman Anda di WhatsApp Payments

Cara mengatur, mengundang, dan mengirim uang ke teman-teman Anda di WhatsApp Payments - WhatsApp milik Facebook mulai menguji pembayaran digital di India dengan pengguna beta terbatas. Sekarang, perusahaan telah meluncurkan fitur untuk semua orang. Layanan pembayaran telah dibangun dalam kemitraan dengan NPCI (Pembayaran Nasional Corporation of India), dan telah terintegrasi dengan BHIM (Bharat Interface for Money). Pembayaran Whatsapp memanfaatkan UPI (Unified Payments Interface) untuk memungkinkan Anda mengirim uang ke pengguna lain di platform.
Keindahan layanan WhatsApp Payments berbasis UPI adalah bahwa uang itu secara langsung dikreditkan ke rekening bank penerima. Dan karena Anda akan mengirim uang ke pengguna WhatsApp yang telah menghubungkan nomor telepon mereka dengan rekening bank dan UPI, tidak perlu memasukkan VPA (Alamat Pembayaran Virtual) atau nomor rekening bank atau kode IFSC. Mari kita lihat dengan cepat cara menyiapkan Pembayaran WhatsApp dan mengirim uang ke teman-teman Anda.

Cara menautkan rekening bank Anda dengan Pembayaran WhatsApp

Langkah pertama
Proses menghubungkan akun bank Anda dengan akun WhatsApp Anda sangat sederhana. Buka WhatsApp, ketuk tiga titik di sudut kanan atas dan ketuk pada pengaturan.
Cara mengatur, mengundang, dan mengirim uang ke teman-teman Anda di WhatsApp Payments


Langkah Dua
Anda akan melihat opsi baru yang disebut ‘Pembayaran’ tepat di bawah pemberitahuan, ketuk itu. Di layar berikutnya, ketuk 'terima dan lanjutkan' yang kemudian akan meminta Anda memverifikasi nomor menggunakan SMS, cukup ketuk itu dan izinkan aplikasi mengirim SMS. Setelah diverifikasi, Anda akan melihat daftar bank.

Cara menambahkan akun bank lain ke WhatsApp Payments

Langkah pertama
Setelah Anda selesai memverifikasi nomor ponsel Anda yang tertaut dengan rekening bank Anda, dan UPI, Anda akan melihat daftar semua bank yang didukung UPI
Cara mengatur, mengundang, dan mengirim uang ke teman-teman Anda di WhatsApp Payments


Langkah Dua
Pilih bank Anda dan aplikasi akan mengambil detail dan menunjukkan nomor rekening bank Anda. Ketuk itu dan jika semuanya berjalan dengan benar, Anda akan melihat pesan yang mengatakan penyiapan selesai.

Cara mengubah atau menghapus akun bank default dalam WhatsApp Payments

Jika Anda memiliki banyak rekening bank dan ingin menambahkan atau menautkan akun bank lain, cukup buka WhatsApp, ketuk tiga titik di kanan atas dan ketuk Pembayaran. Di sini, ketuk "tambahkan akun baru" dan Anda akan melihat daftar bank.

Pilih rekening bank Anda, dan itu akan mengambil detail dan menambahkan akun. Anda sekarang mengaturnya sebagai rekening bank utama untuk menerima dan mengirim uang, atau Anda dapat menghapusnya dari sini.
Cara mengatur, mengundang, dan mengirim uang ke teman-teman Anda di WhatsApp Payments


Katakanlah Anda telah menambahkan akun bank HDFC (default) dan ICICI, dan Anda ingin mengubah rekening bank default Anda ke ICICI bank, kepala ke pembayaran, ketuk pada ICICI bank dan ketuk pada save sebagai rekening bank primer.

Baca Juga:

Cara Menggunakan Fitur 'Request Money' di WhatsApp Payments


Cara mengundang teman Anda ke WhatsApp Payments

Agar dapat mengirim uang ke teman WhatsApp Anda, dia harus memiliki pembaruan terbaru. Penerima juga harus memiliki rekening bank dan nomor telepon mereka yang tertaut dengan akun UPI untuk dapat mengirim dan menerima uang. Jika kondisi ini dipenuhi, Anda dapat melanjutkan untuk mengirim uang.
Cara mengatur, mengundang, dan mengirim uang ke teman-teman Anda di WhatsApp Payments

Setelah Anda mencoba transaksi ke kontak di daftar WhatsApp Anda, dia akan mengaktifkan fitur tersebut jika mereka belum memilikinya. Mereka hanya perlu berada di pembaruan terbaru.

Cara mengirim uang ke teman Anda menggunakan WhatsApp

Anda dapat mengirim uang ke teman-teman Anda menggunakan obrolan individual, atau Anda dapat mengirim uang ke teman-teman Anda dalam grup juga. Buka obrolan individual dan ketuk ikon ‘Klip’, diikuti dengan Pembayaran. Jika pengguna memiliki versi WhatsApp terbaru dan akun bank yang dikonfigurasi, Anda dapat memasukkan jumlah yang diikuti dengan catatan dan ketuk tombol kirim. Ini akan meminta Anda untuk mengkonfirmasi pin UPI 4-digit, dan setelah dikonfirmasi, uang akan dikirim.
Cara mengatur, mengundang, dan mengirim uang ke teman-teman Anda di WhatsApp Payments

Prosesnya sama jika Anda ingin mengirim uang kepada seseorang dalam suatu grup. Setelah mengetuk ikon ‘Pembayaran’, ini akan menunjukkan kepada Anda anggota grup. Cukup pilih orang yang ingin Anda kirimi uang, diikuti dengan jumlah, catatan dan pin, dan uang Anda akan ditransfer.

Sayangnya, untuk saat ini, Anda hanya dapat mengirim uang ke pengguna WhatsApp, dan opsi permintaan uang tidak tersedia saat ini. Tidak ada kabar apakah kami akan melihat opsi seperti itu, tetapi mengingat itu adalah bagian dari UPI, saya tidak akan terkejut melihat opsi itu dalam beberapa minggu mendatang.

Post a Comment for "Cara mengatur, mengundang, dan mengirim uang ke teman-teman Anda di WhatsApp Payments"