Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara screenshot di Samsung Galaxy S23 dan S22 untuk dapatkan tangkap layar samsung S23

Screenshot on samsung s23 - Sejak Samsung menghapus tombol home fisik pada handset-nya - jauh ketika S8 diluncurkan - metode pengambilan screenshot telah berubah. Dan dengan perangkat Samsung Galaxy S modern, seperti seri S23, Anda mungkin akan meluncurkan Bixby atau memuat layar matikan.

Cara screenshot di Samsung Galaxy S23 dan S22 untuk dapatkan tangkap layar samsung S23

Jadi, bagaimana Anda mengambil tangkapan layar di Galaxy S23 atau S22 Anda (atau, memang, perangkat lama seperti Galaxy S9, Galaxy S10, Galaxy S20, Galaxy S21)? Ada beberapa opsi berbeda, dengan beberapa tambahan dari Samsung untuk membuatnya lebih berguna daripada perangkat Android rata-rata Anda. Begini caranya.


Screenshot Samsung Galaxy S23 atau S22 menggunakan tombol

Samsung mendukung metode Android konvensional untuk mengambil tangkapan layar menggunakan penekanan tombol:

  1. Pastikan konten yang ingin Anda tangkap ditampilkan di layar.
  2. Tekan volume bawah dan tombol standby/power di sisi kanan secara bersamaan - tapi hanya sebentar, jangan terlalu lama.
  3. Layar akan ditangkap, berkedip dan disimpan di album/folder "tangkapan layar" di galeri.

Jika Anda menggunakan perangkat keras yang jauh lebih tua, dari Galaxy S7 atau sebelumnya, perangkat tersebut menggunakan kombinasi tombol siaga dan tombol beranda.

Anda harus memastikan bahwa ini adalah menekan kedua tombol dengan cepat - perangkat apa pun yang Anda miliki - karena menekan dan menahan lebih lama akan meluncurkan layar kontrol daya.


Baca Juga : Cara Mengaktifkan atau Menonaktifkan Secure Folder Di Samsung Galaxy


Screenshot Galaxy S23 atau S22 menggunakan smart capture/screenshot toolbar

Hal berikutnya yang perlu diketahui tentang tangkapan layar pada seri Galaxy S adalah tangkapan pintar - yang sekarang disebut bilah alat tangkapan layar - akan melakukan lebih banyak hal untuk Anda. Ini adalah sesuatu yang cukup unik untuk Samsung dan memungkinkan Anda langsung melakukan sesuatu pada tangkapan layar Anda, daripada harus pergi dan membukanya di galeri Anda.

  1. Pastikan bilah alat diaktifkan di pengaturan > fitur lanjutan > tangkapan layar dan perekam layar. Ini akan aktif secara default; pengaturannya disebut "Tampilkan bilah alat setelah menangkap".
  2. Saat Anda mengambil tangkapan layar (menggunakan tombol atau sapuan telapak tangan, yang terakhir dijelaskan di bawah), Anda akan mendapatkan opsi tambahan di bagian bawah halaman dalam spanduk (seperti yang ditunjukkan di atas). Anda dapat menggambar, memotong, atau berbagi, tetapi yang paling berguna adalah tangkapan gulir, yang ditandai dengan panah yang mengarah ke bawah.
  3. Ketuk pengambilan gulir untuk menyertakan bagian tampilan yang dapat Anda lihat, misalnya di halaman web yang panjang - ini sangat berguna. Perhatikan bahwa tangkapan gulir hanya muncul jika ada lebih banyak layar untuk digulir juga - jika hanya satu halaman tanpa tangkapan lagi, opsi tidak akan muncul.
  4. Ingin tangkapan layar asli dihapus setelah dibagikan dari bilah alat? Itu juga dapat dipilih dari pengaturan > fitur lanjutan > tangkapan layar dan perekam layar > "Hapus setelah berbagi dari bilah alat".


Screenshot Galaxy S23 atau S22 menggunakan palm swipe gesture atau gerakan menggesek telapak tangan

Metode alternatif yang ditawarkan Samsung adalah yang telah tersedia untuk beberapa generasi seri S, menggunakan kontrol gerakan. Inilah cara membuatnya bekerja.

  1. Buka pengaturan> fitur lanjutan> gerakan dan gerakan> "Usap telapak tangan untuk menangkap".
  2. Dengan opsi ini diaktifkan, geser sisi tangan Anda melintasi layar. Anda dapat menggesek ke kiri atau ke kanan, keduanya berfungsi.
  3. Layar akan ditangkap, berkedip dan disimpan di album/folder "tangkapan layar" di galeri.

Perhatikan bahwa jika Anda sudah menguasai penekanan tombol dan tidak ingin menggesek untuk menangkap, Anda dapat mematikan gesekan telapak tangan sehingga tidak pernah terjadi - termasuk secara tidak sengaja.

Baca Juga: Cara Menghidupkan atau Mematikan GPS di Samsung
 

Screenshot samsung Galaxy S23 atau S22 menggunakan smart select 

Metode ketiga ini bukanlah tangkapan layar yang lengkap, tetapi merupakan cara yang sangat berguna untuk menangkap informasi yang ada di layar, menggunakan fitur yang disebut pemilihan cerdas. Jika Anda pernah menjadi pengguna Note di masa lalu, beberapa di antaranya mungkin terdengar asing.

smart select  adalah panel tepi, yang dapat Anda gesek dari layar tepi (saat diaktifkan).

  1. Buka pengaturan> tampilan> "Panel tepi" dan pastikan ini diaktifkan.
  2. Klik menu ini dan Anda dapat mengaktifkan panel tepi pilih cerdas - pilih "Panel" lalu gulir ke kanan untuk memilihnya. Anda juga dapat mengaktifkan beberapa jenis panel, seperti Aplikasi.
  3. Lalu buka halaman yang ingin Anda tangkap.
  4. Buka panel tepi dengan sapuan dari sisi layar. Ini mungkin memerlukan banyak gesekan jika Anda mengaktifkan beberapa panel.
  5. Pilih bentuk atau jenis pilihan yang ingin Anda buat - persegi panjang, oval, sematkan ke layar, atau (yang terbaik dari semuanya) buat gif.
  6. Anda akan kembali ke halaman tangkap dengan bingkai untuk membuat pilihan itu. Ubah ukuran atau posisikan ulang bingkai dan tekan selesai. Jika membuat gif, tekan rekam, lalu berhenti setelah selesai.
  7. Anda kemudian akan diperlihatkan apa yang telah Anda tangkap, dengan opsi untuk menggambar, berbagi, menyimpan, dan untuk teks, ekstrak sehingga Anda dapat menempelkannya di tempat lain.
  8. Jika menyematkan pilihan, ini akan membuat pilihan yang diambil melayang di atas semuanya sampai Anda menutupnya. Ini sangat berguna untuk informasi yang ingin Anda rujuk, seperti alamat atau nomor referensi.


Baca Juga: Cara Screenshot Samsung Galaxy J5 Series


Screenshot di samsung s23 san screenshot samsung s22 sangat mudah dilakukan, samoga dengan adanya tutorial ini bisa menjadi referensi untuk anda yang ingin mendapatkan tangkap layar samsung s23 dan samsung s22

Post a Comment for "Cara screenshot di Samsung Galaxy S23 dan S22 untuk dapatkan tangkap layar samsung S23"