Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Whatsapp tidak bisa download & kirim foto, Begini solusinya

Whatsapp tidak bisa download & kirim foto, - WhatsApp Sebagai aplikasi messenger yang paling populer memang selalu meningkatkan performa aplikasi miliknya dan selalu melakukan update untuk mengatasi semua masalah di dalam aplikasinya. Salah satu masalah yang terkadang ada pada pengguna whatsapp ketika mengalami trouble adalah mereka tidak bisa berkirim foto, gagal kirim video dan lain sebagainya.

Masalah yang terjadi ketika tidak terkirimnya file foto di WhatsApp bisa terjadi dengan beberapa sebab. Masalah tersebut bukan hanya dari jaringan data internet yang bermasalah, tetapi bisa disebabkan karena masalah sistem, ruang penyimpanan, banyaknya file sampah dan masih banyak beberapa sebab lainnya.
Whatsapp tidak bisa download & kirim foto, Begini solusinya

Cara mengatasi Whatsapp tidak bisa download & kirim foto

1. Jaringan Data Internet bermasalah
Anda lihat dan lakukan cek secara detail jaringan data internet di ponsel anda
  • Pastikan kekuatan sinyal di ponsel anda, karena apabila sinyal internet lemah maka akan berakibat sering terputusnya jaringan data.
  • Setelah yakin koneksi internet terhubung denga baik, maka coba anda buka browser dan silahkan lakukan proses pencarian di internet apabila anda membuka situs tertentu bisa berjalan lancar, berarti koneksi internet yanga da di ponsel anda sudah bagus.
  • Setelah anda melewati proses pngecekan dengan benar maka Langkah selanjutnya coba buka kembali Aplikasi whatsApp dan ulangi proses kirim foto.


2. Izin aplikasi di ponsel 
Ketika sinyal dan kekuatan jaringan internet sudah bagus, tetapi Whatsapp masih tetap gagal untuk kirim foto atau video, maka mungkin ini disebabkan karena izin dari aplikasi WhatsApp belum bisa untuk mengakses file di penyimpanan memori ponsel anda. Untuk bisa mengatasi izin aplikasi supaya bisa berkirim foto ataupun video, maka anda harus melakukan cara cara di bawha ini:
  • Buka pengaturan di ponsel anda
  • Kemudian anda masuk ke menu aplikasi, atau manager aplikasi
  • Setelah adan sudah masuk ke menu aplikasi, silahkan cari nama aplikasi WhatsApp dan anda masuk ke dalamnya
  • Geser layar agak kebawah untuk menemukan opsi 'izin aplikasi'
  • Disana anda bisa lihat beberapa izin aplikasi, Silahkan aktifkan dengan cara geser slider 'penyimpanan'
  •  Anda coba buka aplikasi WhatsApp lalu kirim ulang foto yang mau di kirim.


3. Memori penyimpanan sudah Penuh
Apabila kedua tips diata sudah anda lakukan, tetapi masih gagal untuk mengirim file foto maupun video, ini mungkin di sebabkan karena ruang memori internal atau eksternal di ponsel android sudah sangat minim. Coba anda pindah beberapa file ke memori eksternal terlebih dahulu supaua memori internal ada ruang longgar kembali dan silahkan ulangi berkirim file foto atau video.

4. Aplikasi Whatsapp error
Setelah ketiga tips diatas sudah dilakukan dan tetap masih mengalami error ketika berkirim foto dan video, ini mungkin di sebabkan  karena aplikasi WhatsApp mengalami problem. Anda coba lakukan pencopotan (uninstall) aplikasi terlebih dahulu, kemudian anda lakukan restart ponsel anda. Setelah itu anda buka aplikasi play store dan instal kembali WhatsApp di ponsel anda, lalu coba anda ulangi untuk berkirim file foto.

Itulah ulasan tentang cara mengatasi Whatsapp yang tidak bisa download & kirim foto, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk anda yang membutuhkannya. Anda juga bisa membaca postingan admin yang lain tentang Cara Mengirim Foto Dengan Kualitas Asli Di WhatsApp sehingga Gambar benar benar asli.

Post a Comment for "Whatsapp tidak bisa download & kirim foto, Begini solusinya"