Teknologi

Blog Tentang Teknologi dan Informasi

Cara Memindahkan Aplikasi Ke SD Card di semua ponsel android

Cara Memindahkan Aplikasi Ke SD Card di semua ponsel android - Perlu lebih banyak ruang penyimpanan di ponsel Anda? Perlu menggunakan kartu microSD untuk menyimpan aplikasi? Ada kalanya Anda mungkin menemukan penyimpanan onboard ponsel Anda tidak mencukupi, dan ingin menginstal aplikasi ke kartu microSD yang tertanam di handset.

Cara Memindahkan Aplikasi Ke SD Card di semua ponsel android

Tidak semua ponsel Android benar-benar memungkinkan Anda untuk menyimpan aplikasi di kartu SD. Meskipun Google benar-benar membangun fitur ke kode inti Android, itu masih memerlukan pembuat ponsel untuk mengaktifkannya agar ponsel mendukungnya. Banyak model high-end tidak peduli dengan mendukung ruang onboard dalam jumlah besar, tetapi ada ponsel mid-range dan low-end yang mendukung aplikasi di kartu SD karena jumlah ruang onboard yang lebih kecil yang biasanya mereka miliki.

Namun, rintangan lain adalah bahwa meskipun ponsel mendukung aplikasi di kartu SD, tidak setiap aplikasi berfungsi dengan itu. Secara khusus, beberapa jenis aplikasi yang lebih besar yang lebih cenderung Anda ingin tetap eksternal, seperti permainan, sering tidak mendukungnya, atau mendukung sejumlah kecil data pada kartu yang hampir tidak perlu diganggu.

Jika Anda menelepon dan aplikasi yang ingin Anda pindahkan memang mendukung penyimpanan eksternal, berikut cara Anda memindahkan aplikasi ke kartu SD.

Cara Memindahkan Aplikasi Ke SD Card di semua ponsel android
  • Buka menu "Pengaturan" ponsel Anda.
  • Ketuk "Aplikasi" atau "Aplikasi".
  • Pilih aplikasi yang sudah diinstal yang ingin Anda pindahkan ke kartu SD.
  • Ketuk "Penyimpanan".
  • Jika penyimpanan eksternal didukung, akan ada opsi yang bertuliskan "Ubah" di bawah "Penyimpanan Digunakan". Ketuk "Ubah".
  • Pilih kartu SD dari menu pop-up.


Anda dapat mengulangi proses ini dan memilih untuk memindahkan aplikasi kembali ke Penyimpanan Internal dengan sekali lagi menggunakan item menu "Ubah", jika Anda menginginkannya.

Menggunakan Kartu SD Sebagai Penyimpanan Internal

Ditambahkan dengan Android Marshmallow, Android mendukung perubahan bagaimana ponsel menggunakan kartu SD yang dimasukkan dari penyimpanan eksternal ke ekstensi efektif penyimpanan internal. Dengan kata lain, ini memperlakukan kartu seolah-olah itu adalah bagian dari kapasitas penyimpanan internalnya.

Sekali lagi, fitur ini sayangnya tidak didukung oleh setiap ponsel dari setiap pabrikan, bahkan jika mereka menjalankan Marshmallow atau lebih tinggi, karena Google tidak dapat memaksa pembuat ponsel untuk mengaktifkannya jika mereka tidak mau.

Ingatlah juga bahwa untuk memanfaatkan fitur ini, disarankan untuk menggunakan kartu SD tercepat yang dapat Anda pegang untuk memastikan operasi aplikasi yang lebih lancar terpasang di dalamnya. Kelas 10 / UHS-1 akan direkomendasikan sebagai minimum, tetapi UH-3 akan lebih baik. Pastikan Anda tidak menggunakan kartu SD yang sudah memiliki data di dalamnya yang ingin Anda simpan, karena mengubahnya menjadi Penyimpanan Adaptif dengan cara ini akan memformat kartu, sehingga menghapus apa pun yang sudah tersimpan di sana. Pindahkan data Anda ke kartu atau perangkat penyimpanan lain, atau gunakan kartu yang baru atau yang sebaliknya kosong.

Ingat juga bahwa setelah Anda menjadikannya Adaptive Storage untuk ponsel Anda, jika Anda ingin menggunakannya di ponsel lain, Anda harus memformatnya lagi. Anda tidak lagi dapat memunculkannya untuk mentransfer barang-barang di sekitar seperti biasanya kecuali jika Anda terlebih dahulu menghapus konten apa pun di ponsel yang menggunakan kartu tersebut, menonaktifkan mode Penyimpanan Adaptif di ponsel, dan memformat ulang kartu tersebut.

Terakhir, ingatlah bahwa jika Anda mengeluarkan kartu saat mode Penyimpanan Adaptif aktif dan Anda memiliki aplikasi dan game yang terpasang di ponsel saat menggunakan penyimpanan kartu, aplikasi dan konten yang menggunakan kartu tidak lagi berfungsi dengan baik dan mungkin tidak dapat diakses .

Cara Anda dapat menggunakan Penyimpanan Adaptif:
  • Buka menu "Pengaturan" ponsel Anda.
  • Ketuk "Penyimpanan".
  • Pilih kartu SD.
  • Ketuk tombol menu di sudut kanan atas.
  • Pilih "Pengaturan Penyimpanan".
  • Ketuk "Format Sebagai Internal".
  • Ketuk "Hapus & Format" untuk mengonfirmasi.
  • Ketuk "Pindah Sekarang". Anda akan mendapatkan perkiraan tentang berapa banyak waktu dan berapa banyak ruang yang diperlukan.
  • Ketuk "Berikutnya" dan tunggu telepon untuk melakukan tugasnya.
  • Ketuk "Selesai" setelah selesai!


Baca Juga:

Cara Transfer Data dari Samsung ke Samsung atau ke android lainnya


Itulah artikel tentang Cara Memindahkan Aplikasi Ke SD Card di semua ponsel android, semoga artikel in bermanfaat dan bisa menjadi solusi untuk anda.
Labels: Android

Thanks for reading Cara Memindahkan Aplikasi Ke SD Card di semua ponsel android. Please share...!

0 Comment for "Cara Memindahkan Aplikasi Ke SD Card di semua ponsel android"

Back To Top