Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mau Menyembunyikan Aplikasi di Android semua tipe? Begini caranya

Mau Menyembunyikan Aplikasi di Android semua tipe? Begini caranya - Umumnya, sebagian besar OEM menawarkan opsi untuk mengunci aplikasi di perangkat sebagai bagian dari fitur mereka. Bahkan jika fitur itu hilang, itu dapat ditambahkan dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga dari Google Play. Namun, tidak ada pilihan untuk benar-benar menyembunyikan aplikasi baik di saham Android atau kulit OEM seperti Emotion UI atau Samsung Experience. Alasan untuk menyembunyikan aplikasi bisa banyak.

Beberapa orang ingin benar-benar menyembunyikan aplikasi sehingga tidak ada yang dapat melihatnya ketika Anda menyerahkan telepon, sementara yang lain cukup jengkel dari aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya yang tidak dapat dicopot dari ponsel.

Mau Menyembunyikan Aplikasi di Android semua tipe? Begini caranya


Dalam panduan ini, kami akan membahas cara untuk menyembunyikan aplikasi di ponsel  Android.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android

Cara terbaik adalah menggunakan peluncur pihak ketiga yang menawarkan fitur ini. Dengan begitu, Anda tidak perlu menonaktifkan atau mengganti nama aplikasi dan dapat menggunakannya kapan pun Anda menginginkannya. Namun, beberapa OEM menawarkan solusi asli untuk ini yang mencakup Samsung, Vivo, dan beberapa lainnya.

Nova Launcher

Ini adalah salah satu aplikasi terpopuler, dan jika Anda tidak memilikinya, kami menyarankan Anda untuk membelinya. Setimpal. Versi gratis Nova Launcher tidak menawarkan fitur Sembunyikan Aplikasi. Jika Anda tidak ingin menghabiskan uang hasil kerja keras Anda, Anda dapat memilih Microsoft Launcher!

Langkah 1: Beli & pasang Nova Launcher Prime. Atur ini sebagai peluncur default Anda ketika muncul prompt. Buka App Drawer dan kemudian cari Pengaturan Nova.
Mau Menyembunyikan Aplikasi di Android semua tipe? Begini caranya

Langkah 2: Pilih App drawer, lalu gulir ke bagian akhir. Ketuk opsi Sembunyikan Aplikasi, lalu pilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan.
Mau Menyembunyikan Aplikasi di Android semua tipe? Begini caranya

Langkah 3: Setelah ini, semua aplikasi yang dipilih tidak akan terlihat di laci aplikasi. Namun, ada satu kelemahan: aplikasi ini akan muncul ketika seseorang menelusurinya di Nova Launcher. Ini mungkin menjadi pemecah masalah bagi banyak orang karena mereka mungkin ingin menyembunyikan aplikasi dari penelusuran juga tetapi kemudian melakukannya akan menyulitkan untuk mengakses aplikasi tersembunyi.

Microsoft Launcher

Langkah 1: Unduh dan instal Microsoft Launcher dan atur sebagai peluncur default Anda. Buka laci aplikasi dan ketuk pada tiga titik vertikal di kanan atas. Ini akan membuka menu dengan dua opsi yang Anda perlukan:
  • Sembunyikan Aplikasi Terkini - Ini tidak akan menampilkan aplikasi yang baru saja diakses.
  • Sembunyikan Aplikasi - Gunakan ini untuk menjadikan aplikasi Anda pribadi.

Langkah 2: Ketuk pada menu Sembunyikan Aplikasi, lalu ketuk lagi tombol Sembunyikan Aplikasi. Ini akan membuka jendela kecil tempat Anda dapat memilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan. Ketuk konfirmasi, dan sekarang Anda akan melihat aplikasi yang terdaftar dengan opsi langsung unhide.
Mau Menyembunyikan Aplikasi di Android semua tipe? Begini caranya

Langkah 3: Untuk memastikan tidak ada yang bisa mengakses menu ini, ketuk ikon gigi di kiri atas, dan beralih pada kunci Pass. Ini kemudian akan meminta Anda untuk masuk dengan Akun Microsoft Anda, diikuti dengan kata sandi 4 pin.

Langkah 4: Kembali ke App drawer, dan periksa apakah aplikasi sudah terdaftar. Mereka tidak akan tersedia di sana. Untuk mengakses aplikasi, klik pada menu Sembunyikan Aplikasi lagi dan kemudian masukkan pin.
Mau Menyembunyikan Aplikasi di Android semua tipe? Begini caranya

Sekarang Anda dapat mengakses aplikasi dari daftar. Sementara aplikasi tidak dapat dicari atau dilihat, mereka masih dapat diakses dari tombol multitasking. Jadi pastikan untuk menutupnya ketika Anda selesai menggunakan aplikasi.

Baca Juga:

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android Tanpa Root dan Launcher


Ada satu kelemahan utama ketika menyembunyikan aplikasi melalui Microsoft Launcher: Anda tidak akan menerima pemberitahuan apa pun dari mereka juga. Jadi ingatlah ini sebelum Anda menyembunyikan aplikasi penting apa pun.

Apakah Anda lebih suka menyembunyikan aplikasi di Android dengan cara lain? Jika ya, berikan komentar dan bagikan dengan kami juga.

Post a Comment for "Mau Menyembunyikan Aplikasi di Android semua tipe? Begini caranya"