Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghentikan Share Data Anda dengan sembarangan di Facebook

Begini Cara Menghentikan Share Data Anda sembarangan di Facebook

Begini Cara Menghentikan Share Data Anda sembarangan di Facebook - Informasi apa yang Anda berikan kepada Facebook, dan dengan siapa dibagikan? Ini adalah pertanyaan di tangan setelah wahyu bahwa perusahaan data-mining Cambridge Analytica (yang bekerja dengan tim pemilihan presiden Donald Trump) memanen data dari jutaan pengguna Facebook tanpa disadari untuk membuat iklan bertarget.

Informasi itu diserahkan kepada perusahaan pada tahun 2014 melalui aplikasi survei bernama "ThisIsYourDigitalLife" yang pengguna terhubung ke akun Facebook mereka. Mendaftar untuk aplikasi yang melibatkan pemberian akses ke profil Anda dan orang-orang dari teman Anda.
Jaringan sosial sedang menghadapi pertanyaan sulit dari pembuat undang-undang sekarang tentang bagaimana hal itu bisa membiarkan ini terjadi. Sementara itu, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk melindungi privasi Anda di Facebook, singkatnya menghapus akun Anda.

Periksa aplikasi yang terhubung dengan Anda

Pertama-tama, buka halaman ini untuk melihat daftar aplikasi yang telah Anda hubungkan ke akun Facebook Anda. Masing-masing dapat menarik sejumlah informasi, dan jika ada yang terpercaya yang tidak Anda yakini, pertimbangkan untuk segera mencabutnya.
Begini Cara Menghentikan Share Data Anda sembarangan di Facebook

1. Arahkan kursor ke aplikasi untuk melihat alat edit dan hapus.
Begini Cara Menghentikan Share Data Anda sembarangan di Facebook
2. Mengeklik ikon pensil untuk Edit akan memungkinkan Anda melihat apa yang dapat dilihat aplikasi.
Begini Cara Menghentikan Share Data Anda sembarangan di Facebook
3. Mengklik X akan memungkinkan Anda menekan Remove untuk memutus sambungan aplikasi dari akun Anda. 
Begini Cara Menghentikan Share Data Anda sembarangan di Facebook

Gunakan Mode Incognito dan Mode Penjelajahan Pribadi

Tip lainnya adalah mengirim lebih sedikit informasi yang dapat dilacak ke Facebook hanya dengan mengakses situs melalui mode Penyamaran Chrome dan mode penjelajahan pribadi yang serupa.
Di Chrome pada PC, semudah menekan Shift + Ctrl + N (Shift + Command + N pada Mac). Di Firefox (browser pilihan untuk banyak orang yang berfokus pada privasi), Anda akan menekan Shift + Ctrl + P (Shift + Command + P pada Mac). Di Safari untuk Mac, Anda akan menekan Command + Shift + N.
Facebook baru-baru ini menambahkan ekstensi baru yang disebut Ekstensi Kontainer Facebook yang akan secara otomatis membuka Facebook di jendela penjelajahan pribadi. Jika Anda berada di Facebook dan mengklik tautan non-Facebook, tautan akan terbuka di tab reguler.

Keluar dari Facebook saat Anda tidak menggunakannya

Jika Anda tetap masuk ke Facebook di browser desktop Anda, Facebook dapat melacak gerakan Anda di seluruh web bahkan jika Anda tidak aktif menggunakan Facebook. Ini dapat membagikan informasi tentang aktivitas online Anda dengan pengiklan dan pihak ketiga lainnya.

Gunakan pemblokir pelacak

Atau, jika Anda ingin tetap masuk - berulang kali mengingat kata sandi yang rumit dan / atau menggunakan proses masuk otentikasi dua faktor Facebook dapat tepat waktu - ada cara lain untuk menghindari pelacak tangan Facebook.

Penghambat pelacak, seperti Putuskan dan Privasi Badger, lepaskan kunci digital ke dalam sistem yang dibuat untuk melacak perilaku online kami. Cuma perhatikan bahwa layanan ini tidak akan melindungi Anda dari mata-mata Facebook seperti halnya keluar dari layanan ketika Anda tidak menggunakannya.

Menyisih dari berbagi API Platform Facebook

Jika Anda perlu Facebook untuk mengikuti teman dan keluarga, dan tidak masuk ke aplikasi dan layanan lain, pertimbangkan opsi ini, yang membuat tidak mungkin bagi program tersebut untuk terhubung ke akun Anda. Untuk memulai, buka halaman ini dan klik Edit di bawah Aplikasi, Situs Web dan Plugin.
Begini Cara Menghentikan Share Data Anda sembarangan di Facebook

Kemudian, klik Nonaktifkan Platform. Sekarang, Anda akan keluar dari semua situs web, aplikasi, dan layanan yang terhubung ke akun Facebook Anda. Perhatikan bahwa ini tidak menghapus data Anda dari layanan tersebut, jadi Anda harus menghubungi mereka secara manual.
Begini Cara Menghentikan Share Data Anda sembarangan di Facebook

Baca Juga:

Cara Mematikan Fitur Face Recognition di Facebook (Fitur pengenalan wajah di Facebook)


Hapus aplikasi milik Facebook dari smartphone Anda

Facebook, Facebook Messenger, Instagram, dan WhatsApp harus dihapus dari ponsel cerdas Anda karena banyaknya akses yang mereka miliki ke kontak, lokasi, data pribadi, dan fitur ponsel Anda. Tidak percaya kita? Pergi ke halaman toko aplikasi Google Play untuk Facebook dan klik "Lihat detail" di bawah Izin di bagian bawah halaman. Anda akan melihat bahwa aplikasi Facebook dapat melakukan hampir semua hal yang dapat Anda lakukan.
Anda masih dapat mengakses semua layanan ini, minus WhatsApp, dari peramban web ponsel Anda, meskipun itu bisa membuat frustasi untuk membuat Messenger berfungsi tanpa aplikasi. (Pada iOS, penggunaan berulang dari alat Mode Desktop Permintaan di lembar kerja Share.)

Beritahu Facebook untuk Berhenti Mencari Wajah Anda di Foto

Ingin lebih banyak bukti bahwa Facebook menyeramkan? Kecuali Anda menonaktifkan pengaturan yang satu ini, jejaring sosial sedang memburu wajah Anda di foto yang tidak Anda tandai. Untuk menonaktifkan fitur ini buka halaman ini dan pastikan itu disetel ke Tidak.
Begini Cara Menghentikan Share Data Anda sembarangan di Facebook


Pikirkan dua kali tentang layanan dan survei gratis

Tentu, jejaring sosial menyediakan cara untuk terhubung dengan orang lain, dan survei yang menyenangkan di mana Anda menjawab serangkaian pertanyaan dapat menjadi cara yang rapi untuk menghabiskan waktu, tetapi Anda biasanya selalu memberikan sesuatu yang berlebihan dalam prosesnya.

Coba ukur risiko versus hadiah dari situasi, karena aplikasi-aplikasi yang menghanguskan seperti "ThisIsYourDigitalLife" membawa kita ke dalam kekacauan ini, dan ini mungkin hanyalah permulaan dari mereka.

Post a Comment for "Cara Menghentikan Share Data Anda dengan sembarangan di Facebook"