Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara memperbaiki Error Google Play di android

Cara memperbaiki Error Google Play di android - Sebagai pengguna Android, seseorang terus-menerus mengunjungi Play Store untuk aplikasi dan game baru. Tetapi salah satu masalah yang paling menjengkelkan, yang harus dihadapi pengguna adalah masalah dengan Google Play Store itu sendiri. 

Masalahnya mungkin jarang terjadi, tetapi bagaimanapun memecahkan sebagian besar dari mereka adalah sepotong kue. Kode kesalahan yang ditampilkan Play Store saat memasang / memperbarui aplikasi memberi masalah pada perangkat atau aplikasi. Berikut ini beberapa kode kesalahan rata-rata dan bagaimana Anda dapat memperbaiki kesalahan Google Play.

Cara Perbaiki Error Google Play 

Setiap kali Google Play Store gagal memperbarui atau memasang aplikasi, biasanya menampilkan kode kesalahan untuk mengapa tidak dapat melakukan tugas. Berikut adalah beberapa kode kesalahan umum yang diberikan Google Play.
Cara memperbaiki Error Google Play di android

Meskipun kesalahan ini tampak berbeda, mereka sangat mirip. Sebagian besar dari mereka menunjukkan ruang penyimpanan yang tidak memadai pada perangkat, masalah dengan aplikasi Layanan Google atau masalah dengan Akun Google, dll.

Baru-baru ini saya menemukan Kesalahan 491 saat menggunakan Google Play Store, yang berarti bahwa unduhan atau pembaruan tidak mungkin dilakukan pada saat itu. Bagi saya menguninstall Google Play Pembaruan dan menginstal ulang mereka bekerja. Namun, sebelum memulai, cobalah peretasan umum ini untuk memecahkan Kesalahan Google Play.

  1. Bebaskan penyimpanan Anda: Hapus konten yang tidak perlu atau copot sebagian aplikasi yang tidak digunakan untuk membuat ruang lebih banyak jika Anda kehabisan memori. Kemudian, coba pasang aplikasi yang memberi Anda pesan kesalahan. Ini dapat langsung memecahkan masalah Anda.
  2.  Nyalakan ulang perangkat Anda: Ini mungkin terdengar tidak masuk akal, tetapi terkadang hanya memulai ulang perangkat Anda dapat melakukan trik. Jadi, mengapa tidak mencoba ini sekali saja. Untuk memulai ulang perangkat Anda:

  • Tekan dan tahan tombol "Daya" hingga muncul menu.
  • Pilih "Matikan".
  • Tunggu hingga perangkat mati.
  • Tunggu 10 detik, lalu tekan dan tahan tombol "Power" untuk menghidupkan kembali perangkat.
  • Setelah itu, coba unduh aplikasinya lagi. Ini dapat memecahkan masalah kesalahan Anda.


# 1. Hapus Cache Aplikasi
Terkadang, menghapus data cache memecahkan kesalahan. Ini juga mengurangi crash aplikasi. Untuk membersihkan memori cache Anda, Settings → Apps/Application manager → Google Play Store  → “Manage space/Storage” → “Clear all data/Clear Cache”.
Cara memperbaiki Error Google Play di android

Catatan: Pastikan Anda Hapus Cache Aplikasi dari Layanan Google Play, Kerangka Layanan Google dan dari Pengelola Unduhan juga.

# 2. Instal ulang Pembaruan Play Store
Kesalahan terkadang bisa menjadi hasil dari pembaruan yang salah. Untuk menghilangkan masalah ini, cobalah menginstal ulang Pembaruan Play Store. Untuk melakukannya:
  • Buka Pengaturan → Pengaturan Aplikasi (Di beberapa perangkat, navigasikan ke Aplikasi).
  • Temukan Google Play Store
  • Copot pembaruan

Cara memperbaiki Error Google Play di android
Setelah Anda mencopot pemasangan pembaruan Google Play Store, mulai ulang perangkat Anda. Dan akhirnya, perbarui aplikasi Google Play Store sekali lagi.

# 3. Hapus partisi cache
Recovery Mode memungkinkan Anda untuk melakukan beberapa fungsi dasar yang dipilih. Di sini, dalam mode pemulihan, kosongkan partisi cache. Inilah cara Anda melakukannya.
  • Dengan menggunakan tombol Volume Naik dan Turun, navigasikan ke “Hapus partisi cache”
  • Tekan tombol Daya untuk mengonfirmasi pilihan, maka ponsel cerdas Anda akan reboot

Cara memperbaiki Error Google Play di android

Baca Juga:

Cara Memblokir Nomor Telepon di Android


# 4. Setel ulang Akun Google Anda
Setelah semua metode gagal, coba setel ulang Akun Google Anda. Untuk ini:
  • Pergi ke pengaturan
  • Klik Akun → Pilih Google
  • Ketuk ‘Hapus akun’
  • Nyalakan ulang perangkat dan kemudian atur akun yang sama sekali lagi

Memiliki masalah dengan Play Store selain dari kesalahan yang disebutkan di atas? Beri tahu kami tentang masalah Anda di bagian komentar di bawah ini. Beri tahu kami jika Anda punya cara lain untuk memperbaiki Kesalahan Google Play.

Post a Comment for "Cara memperbaiki Error Google Play di android "